Resep Aneka Puree Makanan Pendamping ASI - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Setelah lulus air susu ibu (ASI) eksklusif selama enam bulan, bayi memerlukan asupan nutrisi lain untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Langkah awal dalam memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) adalah berikan makanan yang bertekstur sangat lembut supaya mudah dicerna.

Terjebak Workaholic

Kenalkan si kecil dengan satu macam rasa dulu, jangan dicampur dengan bahan makanan lain. Ini penting agar bayi mengenal rasa sekaligus mengetahui apakah bayi alergi terhadap bahan makanan tertentu.

Makanan peralihan dari ASI ke makanan keluarga ini dapat diberikan kepada anak usia 6-24 bulan. Mengutip panduan makanan pendamping ASI dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), ada tujuh kelompok makanan yang bisa diberikan sebagai makanan pendamping ASI, yakni serealia, daging, telur, kacang-kacangan, susu, sayur, dan buah. Tidak perlu semua kelompok diberikan kepada bayi setiap hari.

Tak sulit membuat makanan pendamping ASI berupa bubur bayi atau puree. Anda bisa memilih buah atau sayuran sebagai sumber karbohidrat, serat, vitamin C, dan A. Berikut ini resep membuat bubur bayi dari apel dan sayuran manis, seperti dikutip dari Kidspot.

Puree apel

Bahan:
- 2 buah apel, kupas, buang biji, dan potong-potong
- 2 cangkir air

Cara membuat:
- Rebus apel dengan dua cangkir air. Didihkan selama sepuluh menit atau sampai apel lunak. Angkat.
- Setelah dingin, hancurkan apel sampai halus.

Puree apel ini tidak harus habis dalam sekali makan. Ambil secukupnya untuk diberikan kepada si kecil dan simpan sisanya dalam keadaan beku.

Puree sayur manis

Bahan:
- 1 kentang
- 1 ubi
- 1 wortel
- 1 jagung

Cara membuat:
- Rebus semua bahan hingga lunak.
- Haluskan masing-masing bahan dan simpan secara terpisah.
- Sebelum disajikan, campurkan semua bahan yang telah menjadi bubur.

DINA ANDRIANI

Berita lainnya:
6 Cara Agar Tak Terjebak Jadi Workaholic
Bahaya Obat Anti-nyamuk, Apa pun Bentuknya
Tidur Sekamar dengan Orang Tua Membuat Anak Kurang Mandiri



http://ift.tt/2fYUIRR

Subscribe to receive free email updates: